Negeri Syam adalah salah satu tempat Al-Imam Adz-Dzahabi (673-784 H) menempuh perjalana mencari ilmu. |
Al-Imam Adz-Dzahabi (673-784 H)
Nama lengkapnya Abu Andullah Muhammad bin Dzahabi bin Utsman bin Qaimaz bin Abdullah Adz-Dzahabi Al-Fariqi. Beliau berasal dari Negara Turkumanistan, dan Maula Bani Tamim. Beliau dilahirkan pada tahun 673 H di Mayyafariqin Diyar Bark. Ia dikenal dengan kekuatan hafalan, kecerdasan, kewara’an, kezuhudan, keluasan aqidah dan kefasihan lisannya.
Guru-gurunya:
Beliau menuntut ilmu sejak usia dini dan ketika berusia 18 tahun menekankan perhatian pada dua bidang ilmu: Ilmu Al-qur’an dan Hadits Nabawi. Beliau menempuh perjalanan yang jauh dalam mencari ilmu ke Syam, Mesir, Dan Hijaz (Mekkah dan Madinah). Beliau mengambil ilmu dari para ulama di negeri-negeri tersebut. Diantara para ulama yang menjadi guru-guru beliau adalah:
1. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
2. Al-Hafizh Jamaluddin Yusuf bin Abdurrahman al-Mizzi
Yang dikatakan oleh beliau,”Dia adalah sandaran kami jika kami menemui masalah-masalah yang musykil.” (ad-Durar al-Kaminah,V:235)
3. Al-Hafiz Alamuddin Abdul Qasim bin Muhammad Al-Birzali
Yang menyemangati beliau dalam belajar ilmu hadist, beliau mengatakan tentangnya: “Dialah yang menjadikanku mencintai ilmu hadits.” (ad-Durar al-Kaminah, III:323)
Ketiga ulama di atas adalah yang banyak memberikan pengaruh terhadap kepribadian beliau. Adapun guru-guru beliau yang lainnya adalah Umar bin Qawwas, Ahmad bin Hibatullah bin Asakir, Yusuf bin Ahmad al-Ghasuli, Abdul Khaliq bin Ulwan, Zainab bintu Umar bin Kindi, Al-Abuqi, Isa bin Abdul Mun’im bin Syihab, Ibnu Daqiqil ‘Id, Abu Muhammad Ad-Dimyathi, Abul Abbas Azh-Zhahiri, Ali bin Ahmad Al-Gharrafi, Yahya bin Ahmad Ash-Shawwaf, At-Tauzari, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Al-Imam Adz-Dzahabi memiliki Mu’jam Asy-Syuyukh (Daftar Guru-Guru) beliau yang jumlahnya mencapai 3000-an orang ( adz-Dzhabi wa Manhajuhu fi kitabihi, Tarikhil Islam)
Murid-muridnya:
Diantara murid beliau adalah: Tajuddin As-Subki, Muhammad bin Ali Al-Husaini, Al-Hafiz Ibnu Kasir, Al-Hafiz Ibnu Rajab, dan masih banyak lagi selain mereka.
Pujian Para Ulama kepada Al-Imam Adz-Dzahabi
Al-Imam Ibnu Nashruddin Ad-Dimasyqi berkata, “Beliau adalah ayat (tanda kebesaran Allah) dalam ilmu rijal, sandaran dalam jarh wa ta’dil (ilmu kritik hadits) lantaran mengetahui cabang dan pokoknya, imam dalam qira’ah, faqih dalam pemikiran, sangat paham dengan madzhab-madzhab para imam dan para pemilik pemikiran, penyebar sunnah dan madzhab salaf di kalangan generasi yang dating belakangan.” (Raddul Wafir, hal. 13)
Ibnu Katsir berkata, ”Beliau adalah Syaikh Al-hafizh Al-Kabir, Pakar Tarikh Islam, Syaikhul Muhadditsin…… Beliau adalah penutup syuyukh hadits dan huffazhnya.” (Al-Bidayah wa An-Nihayah, XIV:225)
Tajuddin As-subki berkata, “Beliau adalah syaikh Jarh wa Ta’dil, pakar rijal, seakan-akan ummat ini dikumpulkan di satu tempat kemudian beliau melihat dan mengungkapkan seja mereka.” (Thabaqah Syafi’iyyah Kubra, IX:101)
An-Nabilisi berkata, “Beliau pakar zamannya dalam hal perawi dan keadaan-keadaan mereka, tajam pemahamnnya, cerdas dan ketenarannya sudah mencukupi dari pada menyebutkan sifat-sifatnya.” (Ad-Durar Al-Kaminah, III:427)
Ash-Shafadi berkata, “Beliau seorang hafizh yang tidak tertandingi, penceramah yang tidak tersaingi, mumpuni dalam hadits dan rijalnya, memiliki pengetahuan yang sempurna tentang ‘illah dan keadaan-keadaannya, memiliki pengetahuan yang sempurna tentang biografi manusia. Menghilangkan ketidakjelasan dan kekaburan dalam seja manusia. Beliau memiliki akal yang cerdas, benarlah nisbahnya kepada dzahabi(emas). Beliau mengumpulkan banyak bidang ilmu, memberi manfaat yang banyak manusia, banyak memiliki karya ilmiah, lebih mengutamakan hal yang ringkas dalam tulisannya dan tidak berpanjang lebar. Aku telah bertemu dan berguru kepadanya, dan membaca banyak dari tulisan-tulisannya di bawah bimbingannya. Aku tidak menjumpai padanya kejumuhan, bahkan dia adalah faqih dalam pandangannya, memiliki banyak pengetahuan tentang perkataan-perkataan ulama, madzhab-madzhab para imam salaf dan para pemilik pemikiran.” (Al-Wafi bil Wafayat, II:163)
Diantara Perkataan-Perkataan Beliau
Al-Imam Adz-Dzahabi berkata, “(Tidak sedikit orang yang memusatkan perhatiannya pada ilmu kalam melainkan ijtihadnya akan membawanya kepada perkataan yang menyelisihi Sunnah. Karena itulah ulama salaf mencela setiap yang belajar ilmu-ilmu para ummat sebelum islam. Ilmu kalam turunan dari ilmu para filosof atheis. Barangsiapa yang sengaja ingin menggabungkan ilmu para nabi dengan ilmu para ahli filsafat dengan mengandalkan kecerdasannya maka pasti dia akan menyelisihi para nabi dan para ahli filsafat. Dan barangsiapa yang berjalan di belakang apa yang dibawa oleh para rasul, maka seungguh dia telah menempuh jalan salaf dan menyelamatkan agama dan keyakinannya.” (Mizanul I’tidal, III:144)
Beliau menukil perkataan Ma’mar, “Dahulu dikatakan bahwa seseorang menuntut ilmu untuk selain Allah maka ilmu itu enggan hingga semata-mata untuk Allah.” Kemudian beliau mengomentari perkataan Ma’mar tersebut dengan mengatakan, “Ya, dia awalnya menuntut ilmu atas dorongan kecintaan kepada ilmu, agar menghilangkan kejahilannya, agar mendapat pekerjaan dan yang semacamnya. Dia belum tahu tentang wajibnya ikhlas dalam menuntutnya dan kebenaran niat di dalmnya. Maka jika sudah mengetahuinya, dia hisab dirinya dan takut terhadap akibat buruk dari niatnya yang keliru, maka datanglah kepada niat yang shahih semuanya atau sebahagiannya. Kadang dia bertaubat dari niatnya yang keliru dan menyesal. Tanda atas hal itu ialah bahwasanya dia mengurangi dari klaim-klaim, perdebatan,dan perasaan memiliki ilmu yang banyak, dan dia hinakan dirinya. Adapun jika dia merasa banyak ilmunya atau mengatakan “saya lebih berilmu daro pada fulan”, maka sungguh celakalah dia.” (Siyar A’lamin Nubala’, VII:17)
Beliau berkata, “Yang dibutuhkan oleh seorang hafizh adalah hendaknya bertaqwa, cerdas, mahir nahwu, mahir ilmu bahasa, memiliki rasa malu dan bermanhaj salaf.” (Syiar, XIII:380)
Beliau berkata, “Ahli hadits sekarang hendaknya memperhatikan kutubs sittah, musnad Ahmad dan Sunan Baihaqi. Dan hendaknya teliti terhadap matan-matan dan sanad-sanadnya, kemudian tidak mengambil manfaat dari hal itu hingga dia bertaqwa kepada Rabbnya dan menjadikan hadits sebagai dasar agama. Kemudian ilmu bukanlah dengan banyak riwayat, tetapi dia adalah cahaya yang Allah pancarkan kedalam hati dan syaratnya adalah ittiba’(mengikuti nabi) dan menjauhkan diri dari hawa nafsu dan kebid’ahan.” (Siyar, XIII:323)
Beliau berkata, ”Kebanyakan ulama pada zaman ini terpaku dalam taqlid dalam hal furu’, tidak mau mengembangkan ijtihad, tenggelam dalam logika-logika ummat terdahuludan pemikiran ahli filsafat. Dengan demikian, bencana pun meluas, hawa nafsu menjadi hukum dan tanda-tanda tercabutnya ilmu semakin Nampak. Semoga Allah memati seseorang yang mau memperhatikan kondisi dirinya, menjaga ucapannya, selalu membaca Al-qur’an, menangis atas kejadian zaman, memperhatikan kitab Ash-Shahihain dan beribadah kepada Allah sebelum ajal dating secara tiba-tiba,” (Tadzki Al-Huffazh, II:530)
Karya-Karyanya
Beliau memiliki sekitar 100 karya tulis, diantara karya-karya tulisnya itu adalah:
1) Al-‘Uluww lil ‘Aliyyil Ghaffar
2) Taariikhul Islam
3) Siyar A’laamin Nubulaa’
4) Mukhtashar Tahdziibil Kamal
5) Miizaanul I’tidaal fii Naqdir Rijal
6) Thabaqatul Huffazh
7) Al-Kaasyif Fii Man Lahu Riwaayah Fil Kutubis Sittah
8) Mukhtashar Sunan Al-Baihaqi
9) Halaqatul Badr Fii ‘Adadi Ahli Badr
10) Thabaqatul Qurra’
11) Naba’u Dajjal
12) Tahdziibut Tahdziib
13) Tanqiih Ahaadiitsit Ta’liiq
14) Muqtana Fii Al-Kuna
15) Al-Mughni Fii Adh-Dhu’afaa’
16) Al-‘Ibar Fii Khabari Man Ghabar
17) Talkiishul Mustadrak
18) Ikhtishar Taarikhil Khatib
19) Al-Kabaair
20) Tahriimul Adbar
21) Tauqif Ahli Taufiq Fi Manaaqibi Ash-Shiddiq
22) Ni’mas Smar Fi Manaaqib ‘Umar
23) At-Tibyaan Fi Manaaqib ‘Utsman
24) Fathul Mathalib Fii Akhbaar Ali bin Abi Thalib
25) Ma Ba’dal Maut
26) Ikhtistar Kitaabil Qadar Lil Baihaqi
27) Nafdhul Ja’bar Fi Akhbaari Syu’bah
28) Ikhtistar Kitab Al-Jihad, ‘Asakir
29) Mukhtashar Athraafil Mizzi
30) At-Tajriid Fii Asmaa’ish Shahaabah
31) Mukhtashar Tariikh Naisabuur, Al-Hakim
32) Mukhtashar Al-Muhalla dan Tartiil Maudhuu’at, Ibn Al-Jauzi
Wafadnya
Beliau wafat pada malam senin, 3 Dzulqa’dah 748 H, di Damaskus, Syiria dan dimakamkan di pekuburan Bab Ash-Shaghir.
0 Comments